Kenapa Font Times New Roman Populer dan Sering Digunakan?

Gambar: Dokumen pribadi/Canva.com

Font yang telah ada sejak tahun 1931 ini telah digunakan banyak orang di seluruh dunia dan sudah menjadi hal yang lumrah untuk standar penulisan resmi. 

Seperti di bidang akademisi, mereka menggunakan font ini untuk pembuatan makalah, skripsi, sampai tesis sekalipun. Selain itu di bidang perkantoran juga menggunakannya untuk membuat laporan dan surat menyurat dalam pekerjaan dan masih banyak bidang lainnya.

Lantas apa yang membuat font Times New Roman ini begitu diminati banyak orang untuk digunakan? Simak penjelasannya!

1. Sekilas Info tentang Font Times New Roman

Font ini diciptakan oleh seorang ahli tipografi bernama Stanley Morrison dan termasuk dalam font Serif yaitu font yang memiliki garis atau goresan pena pada ujungnya. Ini bukan disengaja karena orang-orang dulunya mencelupkan ujung pena terlebih dahulu sebelum ditulis ke kertas dan tiap kali menulis akan muncul goresan kecil pada ujung hurufnya. 

Selain itu, font ini juga termasuk dalam font Roman yang diklasifikasi oleh James Craig. Font ini memiliki ciri berupa sirip atau kaki berbentuk lancip pada ujung hurufnya serta menimbulkan kesan klasik, anggun, lemah gemulai, dan feminim.

2. Kenapa Font Ini Populer & Sering Digunakan Banyak Orang?

Karena font Times New Roman digunakan pada koran dan dengan cepatnya menjadi populer di kalangan printer saat itu. Selain itu, font ini juga selalu menjadi salah satu yang tersedia untuk setiap perangkat elektronik seperti komputer, gadget, dan lain-lain. 

Font ini juga memiliki ketinggian huruf yang standar (x height & cap height), ruang pada huruf (counters), bagian atas dari huruf tertentu (assenders), dan jarak atau spasi antar huruf (tracking) yang membuat font ini mudah dibaca dan jelas oleh mata pembaca. 

3. Alternatif Selain Font Times New Roman

Jika kalian bosan dengan font ini, terdapat tiga alternatif font yang bisa kalian gunakan untuk mencari penggantinya, yaitu:

1. Georgia

Gambar: Dokumen pribadi/Canva.com

2. Cambria

Gambar: Dokumen pribadi/Canva.com

3. Roboto Slab

Gambar: Dokumen pribadi/Canva.com

Times New Roman memiliki keunikan dan kesannya masing-masing dan manusia bebas menggunakan font yang dia inginkan untuk mengekspresikan siapa dirinya serta kepada siapa manusia mengekspresikan dirinya tersebut. 

Sumber:
 Bahariyani M. (2016, March 11). Cerita di Balik Font Times New Roman. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20160310132758-317-116540/cerita-di-balik-font-times-new-roman

 Khairina F. H. (2021, April 3). Hadirkan Kesan Formal dan Profesional dengan Font Serif. Glints.com. https://glints.com/id/lowongan/huruf-serif-adalah/#.ZE9gwuz7NPw

 Jannah, M. (2022). Desain Grafis Itu Ada Ilmunya. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Taylorhieber.com. Times New Roman | Type Set. https://taylorhieber.co/an-analysis-on-times-new-roman-type-set/

Comments